03/12/20

15 Bagian Gitar yang Harus Kamu Ketahui dan Masing-masing Fungsinya


 

Sebelum kamu membeli gitar baru ataupun bekas, kita harus tahu tiap-tiap bagian dan fungsi yang ada di gitar itu sendiri. Inilah 15 Bagian Gitar yang Harus Kamu Ketahui dan Masing-masing Fungsinya.
 
01. Machine heads/Headstock/Kepala Gitar




Pada bagian Machine heads/Headstock/Kepala Gitar memang tersedia dalam berbagai model, sedangkan fungsinya utamanya
adalah untuk tempat logo merk atau pembuat gitar, dudukan nut, dan juga tempat untuk memasang tuner. Untuk gitar akustik,
kepalanya ada di paling atas dan terbuat dari kayu terdapat nut dan tuner.

02. Tuning Pegs/Tuning keys/Tuner Gitar


 

Bagian ini terletak di headstock dan fungsinya adalah untuk menjaga suara atau nada gitar. Sehingga tidak mengalami perubahan ketika dimainkan,
selain itu tuner juga berfungsi untuk menyetem gitar.

03. Nut

 


Bantalan kecil yang merupakan tempat untuk menyangga senar gitar dinamakan nut. Dengan adanya ini bisa membuat senar mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika dipetik.

04. Frets/Fret


 


Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam.
Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

05. Neck dan Fingerboard


Setelah bagian atas gitar, Anda perlu tahu juga bagian leher gitar yang memiliki peran penting. Biasanya orang memegang leher atau neck gitar dengan menggunakan tangan kiri.  Terdapat rod atau besi panjang pada leher gitar, fungsinya adalah untuk menjaga leher gitar agar tidak melengkung.

06. Position makers/Penanda Fret



Penanda posisi yang menunjuk fret tertentu untuk menyediakan navigasi fretboard yang nyaman.
Penanda posisi pada gitar enam senar dan bas sering kali berupa titik-titik kecil di fretboard atau di tepinya yang biasanya menunjuk ke fret ke-3, ke-5, ke-7 dan ke-9 dan oktaf dari posisi tersebut lebih tinggi di bagian leher, dan titik ganda atau beberapa variasi lainnya menandai fret ke-12 dan ke-24.

07. Body/Badan Gitar



Bagian badan atau body memang memiliki beragam bentuk dan model, ini tergantung dengan pembuat gitarnya. Tentu saja badan ini diibaratkan seperti part inti gitar. Dimana memang berbagai bagian lain tertanam pada part body ini mulai dari bridge, tone control, dan banyak lagi.

08. Rosete



Rosete adalah suatu bentuk dekorasi seni di Sound hole/Lubang suara pada Gitar, untuk menambah keindahan pada gitar.

09. Sound hole/Lubang suara pada Gitar


Lubang suara di badan alat musik petik, bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

10. Strings/Senar Gitar

Senar Gitar,bisa menggunakan bahan nilon maupun bahan string (baja/nikel).


11. Pickups/pickup gitar

 



Pickups/pickup gitar berfungsi menghantarkan getaran senar pada gitar menjadi arus listrik yang kemudian dikonversikan ke suatu alat bernama amplifier atau sound system.

12. Scratch Plate/Pickguard


 

Tujuan utama pickguard adalah untuk melindungi lapisan gitar agar tidak tergores oleh pick gitar.
Scratch Plate/Pickguard juga dapat digunakan untuk dekorasi dan sering dibuat dalam warna yang kontras dengan bodi gitar.

13. Saddle


 

Saddle adalah bantalan yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi dari saddle ini mirip dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengar nyaring.

14. Bridge


 

Bridge Gitar adalah bagian dari gitar yang berfungsi untuk menempatkan senar pada posisi yang benar, sehingga gitar dapat mengeluarkan suara/nada yang dapat didengarkan.

15. Strap button


 

Berfungsi untuk pengait strap/sabuk untuk berbagai jenis gitar, baik gitar Akustik maupun Gitar Elektrik

Previous Post
Next Post

Selamat datang di www.kasihmusik.com kami memberikan panduan lengkap cara mudah Mengenal Gitar, Belajar Bermain Gitar, Mulai Pengetahuan Dasar Gitar, Pengenal Kunci Dasar Gitar, Cara Menyetem Gitar, Menyediakan Chord Gitar gratis, Mengiringi sebuah Lagu dengan Gitar,Video Referensi Main Gitar hingga Tips untuk Memaksimalkan kamu dalam Menguasai Gitar dengan mudah dan cepat.